EUR/CHF Berpeluang Putar Balik by M Nuzul

2019-11-21 18:09:35

Jika diamati dari time frame 1-harinya, harga pasangan mata uang EUR/CHF sedang berada dalam masa konsolidasi beberapa hari ini. Hal tersebut dapat dilihat dari posisi harga yang telah mondar mandir di antara Mid BB dan EMA-50 selama beberapa hari terakhir. Golden Cross sendiri telah terjadi pada kedua garis tersebut sejak akhir bulan lalu.

Jika dilihat dari Setup terakhir yang terbentuk, Momentum Sell telah terjadi di sekitar Low BB. Namun, momentum tersebut terjadi berbarengan dengan Extrem Buy yang terbentuk di sana. Sampainya harga pada area Mid BB saat ini dianggap sebagai peluang yang baik untuk masuk pasar.

Peluang yang terbentuk dari analisa BBMA OA juga diperkuat dari sisi analisa Supply And Demand. EUR/CHF saat ini berada pada sekitar zona Supply harian, yang terbentuk saat harga berhasil membentuk Lower Low dan menelan beberapa zona Demand saat penurunannya. Harga juga telah berhasil sampai pada zona ini kemarin, dan sempat mengalami Rejection di sana. Penolakan inilah yang menguatkan peluang dari analisa BBMA OA.


Analisa Time Frame 4-Jam: Tidak Ada Momentum Buy

Dilihat dari time frame 4-jam, EUR/CHF saat ini sedang berada dalam trend naik yang baru saja divalidasi dengan Golden Cross EMA-50 dan Mid BB kemarin. Namun, seperti yang dapat dilihat pada Chart, kenaikan ini belum mampu membentuk Momentum Buy di sekitar Top BB.

Hingga saat ini, harga pasangan mata uang EUR/CHF telah berusaha membentuk Momentum beberapa kali pasca penolakan yang terjadi di sekitar MA-5/10 Low. Apabila kegagalan harga membentuk Momentum Buy terus berlanjut, maka bukan tidak mungkin harga pasangan mata uang EUR/CHF akan berbalik arah.

Saran Pembukaan Posisi
-Sell Limit: 1.09850
-Stop Loss: 1.10050
-Take Profit: 1.09250

Perkiraan Waktu Trading: 1-3 hari.


DISCLAIMER ON:
Dalam analisa ini, segala keuntungan dan kerugian menjadi bagian dari risiko trading pribadi. Saya sebagai penulis tidak berhak menerima sedikitpun profit dari Anda maupun bertanggung jawab atas loss yang terjadi. Untuk itu, disarankan selalu menggunakan perhitungan Money Management yang baik dan ketat.